pola makan atlet

Makan Yang Tepat Untuk Seorang Atlet, Olahragawan Sebelum Kompetisi Atau Bertanding

Sebagai atlet yang bekerja untuk mempersiapkan kompetisi dan turnamen, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Ini termasuk dalam kebiasaan makan, apa yang dikonsumsi, dan kapan dimakan. Pepatah lama mengatakan bahwa Anda tidak boleh makan sebelum berenang adalah perhatian yang sangat nyata bagi para atlet terlepas dari olahraga apa yang mereka ikuti.

Untuk memungkinkan tubuh sepenuhnya mengubah makanan baik yang Anda makan menjadi energi, dibutuhkan waktu. Jumlah waktu yang dibutuhkan bervariasi tergantung pada makanan pasti yang Anda makan, tetapi prosesnya pasti tidak instan. Untuk mencapai hasil terbaik, sangat ideal jika Anda menghentikan kebiasaan makan Anda sebelum kompetisi dan mencoba membatasi jumlah makanan yang Anda makan tepat sebelum berolahraga. Misalnya, jika Anda akan menjalankan lintasan pada jam 10 pagi. Anda tidak boleh makan apapun setelah jam 9:30 pagi. kecuali dalam keadaan darurat. Ini memungkinkan waktu perut Anda untuk mulai mengubah makanan yang Anda konsumsi menjadi energi.

Kapan waktu yang tepat ?

Meskipun penting untuk minum cairan selama berolahraga, penting juga untuk mengetahui makanan apa yang aman sebelum berolahraga. Untuk memastikan bahwa pengalaman atlet berjalan semulus mungkin, harus selalu berkonsultasi dengan dokter kedokteran olahraga secara spesifik berdasarkan tipe tubuh Anda, aktivitas atlet, dan variabel lain yang khusus. Sementara itu, ada beberapa pedoman umum yang dapat digunakan dan dapat membantu memastikan bahwa sudah siap.

Sebelum berolahraga, Anda harus memperhatikan makan sekitar 4 jam sebelum berolahraga. Ini berarti makan nyata dengan komponen dari semua kelompok makanan. Ini tidak berarti hanya mengemil bar energi, atau bahkan apel. Sebaliknya, itu harus menjadi makanan lengkap, ini mungkin mengharuskan Anda untuk menyesuaikan jadwal latihan agar lebih terkoordinasi dengan kebiasaan makan anda, atau jika jadwal mengaturnya dengan lebih baik, sesuaikan kebiasaan makan kita di sekitar jadwal latihan. Either way, penting untuk makan makanan lengkap 4 jam sebelum berolahraga.

Baca Juga  Pentinya Nutrisi Untuk Atlet, Memahami Tingkat Energi Dan Diet Kaya Vitamin

Makanana apa yang Boleh di konsumsi sebelum kompetisi di mulai ?

Setelah Anda selesai makan, ada baiknya Anda makan camilan atau bahkan minuman berenergi yang bersarat dengan karbohidrat. Ini memberi tubuh Anda dorongan ekstra. Cara terbaik untuk melihat camilan berkarbohidrat tinggi ini sekitar 2 jam sebelum berolahraga. Ingat, mengkhawatirkan kalori yang konsumsi tidak sepenting memastikan bahwa memberi tubuh  bahan bakar yang dibutuhkan untuk berfungsi. Selain itu, sekitar satu jam sebelum latihan Anda melihat minuman olahraga adalah ide yang sangat bagus. Mengikuti jadwal ini akan membuat tubuh dipenuhi dengan banyak energi untuk menangani kerasnya latihan.

Sebelum latihan atau bahkan kompetisi jenis apa pun, yang terbaik adalah tetap berpegang pada makanan kecil yang sehat dan menawarkan karbohidrat dalam jumlah tinggi. Contohnya termasuk buah-buahan, jus buah, jus sayuran, dan bahkan minuman olahraga adalah pilihan sehat yang menjaga tingkat energi tetap penuh. Mereka juga cukup ringan sehingga tidak akan menyebabkan masalah pada perut saat melakukan aktivitas.

Anjuran Dokter

Selain makan makanan sehat, dokter pengobatan olahraga juga menganjurkan mengonsumsi sesuatu yang manis kira-kira 45 menit sebelum melakukan aktivitas yang sangat berat. Ini termasuk candy bar, energy bar, dan bahkan beberapa minuman ringan. Menjaga tingkat energi tidak selalu merupakan tugas yang sederhana tetapi jika lebih fokus pada tingkat energi dan kurang pada asupan kalori yang di konsumsi, tubuh akan menghargainya setelah bergerak dan menggunakan simpanan energi.

Ingat, membatasi jumlah gula yang di konsumsi adalah yang terbaik karena hanya memberi energi untuk memulai aktivitas. Karbohidrat yang di konsumsi sebelumnya akan memberi energi jangka panjang yang di butuhkan untuk sukses. Dengan beberapa perencanaan yang cermat, anda dapat bekerja dengan dokter dan pelatih kedokteran olahraga dan memutuskan dengan tepat apa rutinitas makan terbaik untuk membuat tubuh tetap dalam kondisi prima