Begini Caranya Gagal Upload Foto KTP saat Daftar Kartu Prakerja

Begini Caranya Untuk Yang Gagal Upload Foto KTP saat Daftar Kartu Prakerja

Apakah Anda sedang dalam proses mendaftarkan kartu pra-kerja? dan kesulitan mengupload foto KTP Anda?ternyata ada hal yang harus diperhatikan saat ingin mengupload agar tidak gagal.

Banyak sekali calon peserta pra angkatan kerja di tahun 2021 yang mengalami kesulitan dalam mengunggah foto KTP saat mengisi data sebagai proses dan syarat utama untuk dapat mendaftar. Nah berikut ini solusinya agar kamu tidak gagal saat proses upload KTP terutama yang mendaftar menggunakan hp / smartphone.

Sebelumnya yang harus diperhatikan adalah kelancaran koneksi internet yang digunakan. Pastikan ini berjalan dengan baik!

Penyebab Gagal Unggah Foto KTP Saat Pra Kerja

Beberapa hal yang menyebabkan gagal upload foto ktp saat daftar prakerja, Ilustrasi: tirto.id

Beberapa hal yang menyebabkan gagal mengunggah foto ID pada saat listing prakerja, Ilustrasi: tirto.id
Hal pertama yang harus diperhatikan ketika Anda selalu gagal mengunggah foto KTP adalah koneksi internet di perangkat yang Anda gunakan. Apakah internet mati? atau kuota habis? Jika internet tidak ada masalah maka inilah yang harus anda persiapkan agar proses upload foto KTP berhasil:

Ukuran foto tidak lebih dari 2 MB

Foto-foto dari smartphone saat ini berukuran file cukup besar, mulai dari 3MB hingga 7MB / foto yang diambil. Itu karena pengaturan kamera diatur untuk memiliki resolusi besar dan ternyata menjadi masalah besar saat membuat daftar pra-kerja.

Dasbor pra-kerja itu sendiri memberi tahu Anda bahwa foto KTP yang diunggah tidak boleh lebih dari 2MB. Solusinya kamu bisa edit foto KTP yang akan diunggah dengan mengurangi resolusinya.

Baca Juga  Lakukan Juga Ini Kalau Sudah 3X Gagal Lolos Daftar Kartu Prakerja!

Cara paling cepat untuk memperkecil ukuran file foto adalah dengan membuka file foto KTP kemudian mengambil screenshot, kemudian screenshot dari file foto KTP tersebut akan disimpan dengan ukuran yang lebih kecil.

Format Foto Wajib JPEG atau PNG

Anda juga harus memastikan format foto KTP yang diunggah dalam format JPEF atau PNG. Jangan mengupload file foto dalam Ms.word atau format lainnya.

Ketepatan kartu identitas foto

Sistem website pre-work bisa mendeteksi posisi foto KTP yang diunggah, jadi pastikan fotonya benar (tengah).

Foto KTP buram atau buram

Alasan lain gagal mengunggah KTP adalah kualitasnya yang buram atau buram sehingga data pemilik KTP tidak bisa terdeteksi atau terbaca. Oleh karena itu, perlu diingat kembali bahwa pilihlah foto dengan kualitas terbaik dan ukuran yang sesuai.

Foto KTP asli bukan fotocopy

Kamu juga jangan pernah mengelabui menggunakan fotokopi KTP yang kamu ambil saat proses registrasi akun prakerja.

Bukan E-KTP

Sistem website prakerja juga bisa mendeteksi bahwa foto yang kamu unggah saat mendaftar prakerja bukanlah KTP elektronik (EKTP) jadi, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah memiliki ektp.

Semoga tips ini bisa bermanfaat dan membatu.