Cara Mengaktifkan Hotspot di iPhone

Ternyata Banyak Yang Belum Tahu Bagaimana Cara Mengaktifkan Hotspot di iPhone

Ternyata masih banyak pengguna baru perangkat Apple yang belum mengetahui cara mengaktifkan hotspot di iPhone, yang melaluinya Anda bisa berbagi koneksi internet dengan teman atau keluarga.

IPhone dan Internet tampaknya tidak dapat dipisahkan saat ini. Bukan karena ini adalah “ponsel mahal tapi tidak ada internet” yang tidak berguna, tetapi sebenarnya semua aplikasi yang berjalan sekarang membutuhkan koneksi internet. Misalnya Whatsapp sebagai alat komunikasi terpopuler saat ini adalah yang paling populer (bisa chat, video call, kirim website, dan masih banyak lagi), dan ada juga email dan aplikasi game lainnya.

Jadi, Anda harus tahu dan mengerti cara menyalakan hotspot di iPhone, mengatur kata sandi, mengubah nama SSID hotspot pribadi agar tidak ada orang lain yang dapat menghubungkan / menggunakan hotspot pribadi Anda.

Cara mengaktifkan Personal Hotspot di iPhone

Personal hotspot iPhone ini merupakan fitur built-in untuk dapat menghubungkan berbagai koneksi internet dari data seluler ke modul Wifi dan juga melalui kabel, Apple memperkenalkannya dari iOS6, sehingga semua model atau tipe iPhone yang menggunakan iOS 6 pasti dapat fitur hotspot.

Banyak keuntungan dari personal hotspot di iPhone ini, seperti sharing internet dengan teman yang sudah kehabisan paket data internet, atau sharing internet dengan keluarga, karena fitur iPhone sudah memiliki menu bernama “Family Sharing”.

Anda dapat mengizinkan keluarga Anda untuk bergabung menggunakan Personal Hotspot secara otomatis tanpa memasukkan kata sandi seperti biasa. Cara mengaktifkannya adalah dengan membuka Settings lalu pilih Personal Hotspot dan pilih Family Sharing lagi, lalu pilih nama keluarga Anda yang akan memungkinkannya untuk bergabung secara otomatis. Sedangkan cara pengoperasian hotspot di iPhone 7 dan iPhone 6 untuk model terbaru adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama masuk ke menu pengaturan lalu pilih Seluler
  2. Kemudian pada bagian Personal Contact Point (Activation) dengan cara menggesernya hingga berstatus ON
  3. Atau jika berbahasa Indonesia: Masuk ke Settings -> Cellular -> Personal Hotspot atau Setting -> Personal Hotspot, lalu pastikan fungsinya sudah dihidupkan.
  4. Jika aktif, Anda dapat menghubungkan perangkat lain (smartphone Android, iPhone lain, iPad, Mac, laptop, atau komputer Windows) dengan pilihan mode Wifi, kabel USB, atau melalui Bluetooth.

Cara mengubah Kata Sandi Wifi dan Nama SSID Hotspot

Cara-Setting-Hotspot

Setelah mengaktifkan layanan Personal Hotspot, langkah selanjutnya adalah mereset kata sandi login pada hotspot Wifi, karena kata sandi default merupakan kombinasi acak yang sulit dihafal. Jadi, untuk memudahkan Anda atau teman atau keluarga Anda yang ingin melakukan koneksi ke hotspot pribadi yang Anda aktifkan di iPhone, ubah ke grup yang lebih mudah. Cara mengganti kata sandi hotspot wifi sebagai berikut:

  1. Jika Anda meninggalkan halaman untuk menghidupkan / mengaktifkan hotspot di iPhone, ulangi langkah-langkah seperti di atas
  2. Masuk ke bagian Pengaturan lalu Seluler
  3. Untuk mengatur kata sandi, masuk ke bagian Hotspot Pribadi dan pilih kata sandi Wifi
  4. Atur sesuai keinginan yang tentunya mudah dihilangkan atau disebut (minimal 8 huruf)

Kemudian, Anda juga bisa mengganti nama hotspot sesuai keinginan Anda, dan nama hotspot (SSID) ini biasanya sesuai dengan nama perangkat seperti iPhone 7, iPhone X atau yang lainnya. Cara mengganti nama hotspot SSID di iPhone ini adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama adalah pergi ke Pengaturan> Umum> Kembali ke Tentang
  2. Pilih nama (tekan) lalu ganti nama yang muncul di kolom sesuai keinginan anda.
  3. Nama yang Anda ubah adalah nama perangkat yang namanya digunakan di Hotspot, Airdrop dan juga saat menyelaraskan dengan iTunes.

Demikianlah cara mengaktifkan hotspot di iPhone dan juga cara mengganti password wifi agar mudah di akses. Lalu ada juga cara merubah SSID anda agar lebih unik.