Wanita Olahraga Butuh Asupan Nutrisi Khusus

Ternyata Wanita Hobi Olahraga Butuh Asupan Nutrisi Khusus

Wanita memiliki sistem tubuh yang sama sekali berbeda dibandingkan pria. Itu sebabnya seorang wanita juga memiliki minat dalam dunia olahraga, namun porsi dan takaran nutrisi juga berbeda.

Wanita yang rutin berolahraga memiliki beberapa kebutuhan nutrisi khusus. Kebutuhan nutrisi wanita yang mengikuti olahraga teratur harus ditingkatkan. Padahal prinsip dasar nutrisi olahraga untuk wanita dan pria sama.

Ini karena wanita berisiko mengalami kekurangan nutrisi. Tetapi ini tidak berarti bahwa pria benar-benar kebal, hanya karena wanita memiliki siklus yang berkelanjutan dalam tubuhnya, sangat penting baginya untuk menjaga nutrisi agar tidak terjadi gangguan.

Masalah nutrisi utama dalam nutrisi olahraga wanita termasuk kalsium dan zat besi. Pengendalian berat badan dan gangguan makan juga menjadi perhatian nutrisi olahraga bagi wanita, dan wanita membutuhkan nutrisi ini agar tubuh mereka berfungsi dengan baik.

Masih belum ada penjelasan ilmiah untuk ini, namun pada kenyataannya wanita sangat sadar akan berat badan. Jadi memiliki berat badan yang normal akan memberi Anda sistem psikologis yang sehat.

Kalsium merupakan mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan. Dalam olahraga, koordinasi otot dan pikiran itu penting. Ini juga membantu dalam kontraksi otot dan transmisi impuls saraf.

Hal lain yang sangat membantu adalah mengembangkan dan mempertahankan tulang yang kuat. Ini benar-benar akan memainkan peran besar dalam nutrisi olahraga wanita.

Mendapatkan jumlah kalsium yang cukup selama masa kanak-kanak dan remaja penting untuk mengembangkan massa tulang yang optimal di usia pertengahan dua puluhan hingga awal tiga puluhan. Ini kemudian akan membantu Anda mengurangi risiko terkena osteoporosis atau penipisan tulang.

Beberapa wanita yang berolahraga berisiko kekurangan asupan kalsium, sementara beberapa wanita beresiko osteoporosis dini karena tidak adanya jumlah kalsium yang sesuai, atau siklus menstruasi mereka yang tidak teratur. Sehingga secara meyakinkan, nutrisi olahraga bagi wanita harus memiliki asupan kalsium yang lebih tinggi.

Baca Juga  Pentinya Nutrisi Untuk Atlet, Memahami Tingkat Energi Dan Diet Kaya Vitamin

Ada daftar asupan makanan kalsium yang direkomendasikan untuk olahragawan wanita sesuai dengan usia mereka. Untuk anak perempuan dengan usia dua belas hingga lima belas tahun, mereka harus memiliki setidaknya seribu miligram kalsium per hari. Untuk remaja dengan usia enam belas sampai delapan belas tahun, sebaliknya, harus mendapat asupan kalsium normal per hari, yaitu delapan ratus miligram. Untuk wanita yang sedang mengalami menstruasi, mereka juga harus mengonsumsi delapan ratus miligram kalsium sehari.

Wanita pasca menstruasi harus memiliki setidaknya seribu miligram kalsium per hari, sedangkan wanita yang sedang hamil dan menyusui harus memiliki seribu dua ratus miligram per hari.

Dan yang tak kalah pentingnya, olahragawan wanita yang mengalami haid tidak teratur harus memiliki setidaknya seribu lima ratus miligram sehari. Sangat berbahaya bagi seorang wanita jika tidak mendapatkan jumlah kalsium yang dia butuhkan untuk berfungsi secara normal. Zat besi mineral digunakan dalam pembentukan hemoglobin, yang penting untuk menahan oksigen dalam darah saat dibawa ke berbagai bagian tubuh. Ini juga merupakan nutrisi penting untuk produksi energi dan kekebalan.

Olahragawan lebih rentan terhadap kekurangan zat besi daripada siapa pun di dunia. Wanita memiliki risiko yang lebih besar karena mereka terus menerus kehilangan darah saat menjalani siklus menstruasi. Ditambah olahraga berat berkontribusi pada hilangnya zat besi melalui penghancuran sel darah merah. Asupan zat besi yang tidak memadai dikaitkan dengan penurunan kinerja olahragawan. Nutrisi olahraga bagi wanita membutuhkan zat besi dalam jumlah yang banyak.

Menjaga kadar lemak tubuh wanita tetap rendah adalah tujuan banyak atlet wanita. Lemak berlebih dapat merusak kinerja. Namun, kurang lemak atau tanpa lemak sama sekali mempengaruhi tingkat energi seorang atlet wanita. Energi yang rendah juga memengaruhi kinerja wanita, jadi sangat penting bagi wanita untuk menjaga nutrisi dalam tubuh dan mengikuti nutrisi olahraga untuk wanita untuk performa seorang superstar yang telah lama wanita cari.